Basuh Kaki Napi Di Natal YKM Rutan Depok

Ayo Bagikan:

Depok, majalahgaharu.com Natal merupakan hari sukacita, maka seyogiyanya jika semua orang merasakan sukacita natal tersebut. Dalam rangka membagi sukacita itu Yayasan Karmel Ministry di bawah Ketuanya Pdt. Ozil Totongan dan pembina Yayasan Soleman Matippanna menggelar perayaan natal bersama anak-anak binaan bersama Anak dan istri  juga sanak saudara dan keluarga lainnya. Tak ketinggalan juga para petinggi Rutan kelas IIB Depok, Jawa Barat  yaitu bapak Sohibur  Rachman, MH sebagai Karutan .

Perayaan yang diadakan Jumat 8 /12/ 2017, Gembala pembina Pdt.Jhon Manoppo, M.Th. Koordinator Pembinaan rohani Ev, Christine M. Simon, mitra pelayanan, Pembina Yayasan Karmel Ministry Indonesia Ir. Soleman Matippanna, MH,  para  hamba Tuhan antara lain, Pdt, Paulus Lana Patandean, M.Div, Pdt. Dwi Kuniadi, S.Th, Pdt. Darlan Pangaribuan, S.Th, Pdt.Yobel Tampasigi, S.Th, Ev. Nimrod Rungga, S,Th,  Ev. Widya Ningsih, S.Th, serta beberapa hamba Tuhan lainnya yang hadir  dan  sejumlah undangan .  Jumlah peserta natal yang hadir sebanyak  262 orang.. Perayaan natal YKM bersama anak lapas mengambil tema hendaklah Damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu Kolose 3:15. Sedangkan firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Untung Kastono,M.Th.

Sungguh natal ini memberkati setiap yang hadir oleh penyajian khotbah yang menarik dan berkesan serta   memberi kedamaian dan  menyejukkan hati, Salah satu  inti dari pesan natal melalui khotbah adalah, “Tuhan ingin terlibat dalam setiap pilihan-pilihan yang anda buat hari ini dan tentang apa yang anda akan buat kedepan !  mengapa Tuhan ingin terlibat?

Karena anda adalah  anak anak yang dikasihinya.Dia menerima anda apa adanya anda , bukan karena  apa yang anda lakukan kepadaNYA. Perayaan makin semarak dengan adanya persembahan pujian baik solo, VG serta pertunjukan Drama dari warga binaan yang sangat memberkati setiap peserta natal malam itu. Tak hanya sampai disitu saja, para binaan melakukan hal yang langka dan belum pernah dilakukan sebelumnya oleh warga binaan di lapas atau rutan manapun yang disebut  “basuh kaki”  demikian tutur  gembala Pembina yang sangat terkesima dengan acara ini. Soleman Matippana selaku pembina merasa berterimakasih kepada Ev. Christine M. Simon koordinator kerohanian di bawah asuhannya telah menjadikan wargaa binaan  tampil dengan sangat luar biasa dan memberkati.

Basuh kaki ini dilakukan oleh warga binaan kepada anggota keluarga khususnya kepada para Istri.  Para binaan (suami)  mencuci kaki istri mereka tanda penyesalan dan permintaan maaf, juga tanda bahwa para suami merendahkan diri kepada anggota keluarga yang mana selama menjalani masa tahanan maka istrilah yang menanggung  seluruh beban dan biaya hidup keluarga yang seharusnya  adalah tugas serta taanggung jawab suami, situasi haru , tetesan air mata tanpa kata dengan sungguh dan setulus hati dilakukan oleh suami tanda penyesalan, Acara basuh kaki ini menarik perhatian khusus peserta  secara khusus kepala rutan Depok dengan meminta penjelasan khusus apa  makna dari basuh kaki tersebut.

Dalam moment natal ini panitia tidak menyia-nyiakan kesempatan yang Tuhan berikan  untuk menjadi berkat karena hidup ini harus jadi berkat,  selain memberkati warga binaan dan keluarga maka panitia juga memberkati warga Rutan Depok sebanyak 1005 Napi beragama lain dengaan membagikan bingkisaan natal tanda kasih kepada sesama manusia  seperti yang Yesus ajarkan.

Para napi di lapas II Depok, Jawa Barat, merayakan natal bersama Yayasan Karmel Ministry Pimpinan Pdt Osil Totogan dan Pembina Ir. Soleman Matippanna

Diakhir acara natal yang walau diguyur hujan namun semangat natal  ygluar biasa tak membuat peserta natal beranjak dari tempat duduk mereka sampai acara ditutup dengan kata sambutan dari kepala rumah tahanan Negara Depok dengan pesan bahwa mari kita tingkatkan kebersamaan di dalam keberagaman dan kiranya momentum natal menjadikan  warga binaan semakin lebih baik dalam menjaga hubungan dengan sang pencipta  dan dapat diteladani oleh warga binaan lainnya.

Kepala rumah tahanan Sohibur Rachman, MH, merupakan  pribadi yang sangat menjaga toleransi antar umat beragama  hal itu dibuktikan dengan menghadiri acara perayaan natal hingga acara selesai. Bukan itu saja suksesnya acara natal ini tidak lepas dari dukungannya dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan dalam menunjang acara natal ini berjalan sukses. Kiranya apa yang dilakukan oleh Karutan Depok ini dapat dicontoh oleh Karutan-karutan dan Kalapas lainnya untuk berjalannya pembinaan yang maksimal setiap rutan dan lapas sesuai keyakinan masing-masing,. Demikian harapan dan himbauan ketua panitia natal Pdt.Osil Totongan, M.Min yang juga ketua Yayasan Karmel Ministry Indonesia dan pemerhati Napi.

Sebagai ketua YKM Osil juga mengucapkan terimakasih atas dukungan baik Karutan Depok, Gembala Pembinaan Rutan Depok, koordinator pelayanan rohani Rutan Depok bersama tim, Gereja HKBP Depok, Gereja Khatolik (sahabat lapas), tim Sola Gracia,  tim Agape, tim komsel Bety kirios sahabat gembala,  Kelompok  PA Mekar Wangi,  ibu-ibu Jemaat GKI Yasmin, ibu-ibu Jemaat GPIB, seluruh Mitra pelayanan, serta anak anakku para binaan yang luar biasa

 

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *