Warna Keberagaman dalam Pembukaan Sidang MPL PGI

Ayo Bagikan:

Palopo, majalahgaharu.com.Suasana kota Palopo yang cukup panas, sekalipun waktu masih menunjukkan pukul 08.00 WIT namun tak mengurangi antusiasme peserta sidang Majelis Pengurus Lengkap Persekutuan Gereja Indonesia MPL PGI yang hadir dari seluruh penjuru tanah air. Dengan iringan music marawis arak-arakan peserta sidang yang dimulai dari Gereja Toraja yang terdapat alun-alun Palopo di  Jalan Opsal menunju SCC titik nol Palopo, Sulawesi Selatan Jumat 26/01/18, Nampak meriah.

Perpaduan budaya dan agama yang tergambar dalam arak-arakan yang diiringi permainan music marawis bernuansa islamis serta sambutan tarian khas Luwuk dengan tarian pedangnya ditambah tabuhan permainan Lesung alat penumbuh padi merupakan implementasi dari sub tema yang diusung dalam sidang kali ini yakni spiritualitas keugaharian. Merayakan  keberagaman bagi kehidupan kebangsaan yang utuh.

Sidang MPL PGI yang diikuti 89 sinode yang tersebar di seluruh Indonesia ini berlangsung 26 hingga 30 Januari 2018, dan  diibuka langsung menteri agama Lukman Hakim Saefuddin.

Dalam kesempatan itu Lukman berujar bahwa kehadirannya dalam sidang MPL PGI kali ini bukan semata membuka tetapi ada hal yang sangat penting sebagai ungkapan terimakasihnya kepada gereja yang telah membantu pemerintah dalam menjaga umat dalam pembinaan rohani. Karena, terang Lukman  bahwa agama yang senantiasa membawa pesan perdamaian dan kasih itu yang harus terus digelorakan. Ini selaras dengan tema besar yang diangkat kementerian agama tentang tebarkan kedamaian.

Sementara Ketua Umum MPH PGI Pdt Henriette Tabita Lebang dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada panitia dan seluruh pimpinan GPIL atas kerjakerasnya dalam mempersiapkan acara ini. Tak ketinggalan Henriette juga mengucapakn terimakasih kepada Judas Amir Walikota Palopo yang telah membantu kesuksesan dan kelancaran acara ini.

Menyikapi apa yang disampaikan menteri agama Henriete akan mendengar masukan serta akan membahas dalam persidangan MPL PGI yang mengangkat tiga agenda tentang kemiskinan , lingkungan hidup dan kebangsaan.

Pembukaan sidang  MPL PGI juga dihadiri Walikota Palopo HM. Judas Amir, wakil Gubenur Sulawesi Selatan H Agus Arifin Numang, perwakilan dari menteri komunikasi dan informasi, para Bupati Luwuk serta Toraja serta tokoh-tokoh masyarakat Palopo. Ym

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *