Pdt. Dr. Japarlin Marbun di MPL PGI 2019 : Gereja Musti Sesuaikan Jaman untuk Layani Jemaat

Ayo Bagikan:

Cisarua, majalahgaharu.com -Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPL PGI) 2019 hari ini (28/01/2019) dibuka di Royal Safari Garden, Cisarua, Jawa Barat. Sidang MPL PGI kali ini memiliki tema : Tuhan mengangkat Kita dari Samudera Raya (Mazmur 71:20b), dan sub tema : Dalam Solidariras dengan Sesama Anak Bangsa, Kita tetap yang Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila guna Menanggulangi Kemiskinan, Ketidakadilan, Radikalisme, dan Kerusakan Lingkungan.
Mengacu pada pikiran pokok MPL PGI 2019 yaitu : Spiritual Keugaharian Membangun Demokrasi yang Adil Bagi Kesejahteraan Semua, melalui Ibadah Pembukaan, Pdt. Dr. Japarlin Marbun yang menyampaikan Firman Tuhan, menjelaskan bahwa masih banyak orang yang belum terjangkau Firman Tuhan. “Kita punya tanggung jawab untuk kabarkan Injil.” Dibutuhkan kerja keras,”Orang yang tabur dengan cucuran air mata akan tuai dengan sorak sorai.”
Mengapa harus tabur dengan cucuran air mata ?. Ladang tak selalu ringan, tetapi ladang berat, cuaca yang tak bersahabat. Bukan halangan untuk tak menabur. Gereja, sebagai orang percaya harus kerja keras, berjalan maju, walau sembari cucurkan air mata. Berdayakan orang seperti rencana Tuhan, seperti gambar dan rupa Allah. Gereja fokus hanya ke mimbar gereja. Manusia jasmani dan rohani dan jiwani. Gereja fokus layani manusia seutuhnya. Gereja dipanggil bukan hanya rohani, tetapi pelayanan secara menyeluruh.
Japarlin yang menjabat sebagai Ketua Sinode GBI (Gereja Bethel Indonesia) mencontohkan pelayanan kemasyarakatan seperti Tagana, sekitar 7.000 orang yang tersertifikasi instansi terkait. “Kita harus layani kemasyarakatan. Pelatihan anti narkoba yang telah dilatih BNN. Juga ada satgas pencegahan KDRT.”
Dalam pemaparan khotbahnya, Japarlin menyinggung pula hal Revolusi industri yang ubah gaya hidup manusia. gereja musti sesuaikan zaman untuk layani jemaat. “Semangati jemaat kita agar terus bekerja giat untuk kemuliaan nama Tuhan. Makin kerja keras dan fokus, efisien manfaatkan sumber daya manusia untuk kemuliaan nama Tuhan.”

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *