Deklarasi GERKAPPINDO Tujuan Membela dan Sejahterakan Pendeta

Ayo Bagikan:

Jakarta Majalahgaharu.com  –  Masih  banyak hamba Tuhan yang  hidup dalam keprihatinan menimbulkan adanya perhatian dari para pendeta dan pengusaha yang diberkati. Dalam rangka itu, i Gerakan Kasih Pendeta dan Pengusaha Indonesia ( GERKAPPINDO ) resmi mendeklarisikan diri  pada Senin 18 Febuari 2019 di Gedung GPdI Bethlehem Kelapa Gading Jakarta.

Pada deklarasi ini  tampak hadir  Prof Dr Thomas Pentury selaku Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI, Pengurus Pusat sampai tingkat Cabang di Tiga Provinsi yaitu Banten , Jakarta dan Jawa Barat serta para pengusaha.

Acara diisi dengan kebaktian dan diawali dengan doa oleh Pdt Herman serta pembacaan Visi –misi oleh Waketum Pdt Dr. Gunadi Gunawan M. Th. Disusul dengan sambutan-sambutan dari pimpinan pusat dan pembagian BLT tahap satu kepada Gembala Sidang serta seminar.

Dalam visi-misinya Dr. Gunadi Gunawan M.Th mengatakan Gerkappindo mempunyai gerakan untuk mensejaterahkan para Gembala  yang marginal karena hanya mempunyai jemaat 50 orang ke bawah.

Adapun langkah atau program GERKAPPINDO dalam menyejahterakan para gembala melalui beberapa langkah, Pertama melalui pembinaan sumber daya manusia, dengan meningkatkan leadership nilai-nilai kepemimpinan yaitu kepemimpinan yang visioner, unggul, berpengaruh dan kepemimpinan yang dibentuk sehingga gerejanya bertumbuh dari kecil menjadi besar. Kedua, meningkatkan komunitas dengan memberikan batuan hukum sebab undang-undang dasar mengatakan menjamin kebebasan beragama bagi warga negara.

Berbicara dengan masalah pemahaman tentant hukum contohnya ada gereja yang ditutup atau yang dipersulit dalam perizinannya, para hamba Tuhan itu bisa minta bantuan hukum. Dan di GERKAPPINDO sendiri menyiapkan lembaga  bantuan hukum, pastinya tidak dipungut biaya. Ketiga, mensupport bagi gembala yang kecil dengan bantuan dana agar kegunaan dana tersebut untuk pertumbuhan gerejannya dengan demikian gereja mampu menjalankan misinya dengan baik, itulah tiga tujuan utama dalam visi-misi kami, ujar Gunadi serius.

Lalu ada program selanjutnya bertahap yaitu rencana untuk menyesekolahkan bagi anak-anak lulusan SMA dan sederejat yang berkeinginan menjadi pendeta kemudian di masukan ke pendidikan STT atau teologia. Program ini terang Gunadi baru dilaksanakan di tiga provinsi seperti Banten, Jakarta dan Jawa Barat tetapi dalam deklarasi sudah terbentuk lima provisi dan rencananya sampai seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Dr. Gunadipun mengatakan sebaiknya bagi gembala yang belum mengenal Gerkappindo  agar segera mendaftarkan dan bergabung sebagai anggota. Apa yang dilakukan ini semata karena melihat bagaimana pelayanan itu dilakukan dikarenakan banyak gembala sidang yang tidak mampu dan mereka hanya mendapatkan uang kolekte sangat  minim dalam kegiatan ibadah  malah ada yang cuma10 ribu hasil kolekte tiap Minggu. Bukan tidak percaya pada pemeliharaan Tuhan namun perlu juga saling bergandeng tangan agar saling menguatkan dan membantu. Apa yang dikatakan Gunadi ini diakui hasil laporan di daerah dan mengadu pada kami.

Dengan kondisi kehidupan pelayanan gembala itulah kami terbeban agar mendukung seperti sumber daya manusia dan keuangan sesuai dengan permohonan dari gembala sidang yang mengajukannya.

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *