Pdt Martonggo Sitinjak Tepis Issue HKBP keluarkan dua Rekomendasi

Ayo Bagikan:

Sumba Timur, Majalahgaharu.com Muncul ditengah-tengah area persidangan di gedung pertemuan GKS Payeti Waingapu Sumba Timur, santer terdengar kalau HKBP dalam pemilihan pengurus PGI akan mengeluarkan dua rekomendasi, satu untuk ketua umum satunya untuk sekretaris umum. Perihal dua rekomendasi inilah yang membuat sebagian pimpinan-pimpinan sinode mempertanyakan kebenarannya. Memang tak dipungkiri issue itu muncul karena diduga ada tokoh tua HKBP yang didukung salah satu organisasi yang terang benderang mengusung salah satu calon.

Menjawab seputar issue dua rekomendasi HKPB, majalahgaharu.com berhasil mewawancarai Pdt Martonggo Sitinjak salah satu tim nominasi dari HKBP. Martonggo pada kesempatan itu mengatakan bahwa tidak benar adanya dua rekomendasi, karena hingga kini tetap megeluarkan satu rekomendasi saja. Kalau ada issue tersebut memang ada kesengajaan dari orang-orang tertentu karena HKBP gereja besar. Tetapi sekali lagi ditegaskan bahwa rekomendasi tetap satu dan Ephoruspun akan turun untuk memastikan itu,

Sementara Jacky Manuputty yang namanya juga santer disebut layak menjadi sekretaris umum PGI ke depan, menegaskan ini pesta iman bukan politik, sudah selayaknya gereja memakai cara-cara yang benar, pertarungan di sini adalah pertarungan siapa yang mampu menjalankan program yang jelas sudah diputuskan dalam sidang raya ini.

Karena ketua umum maupun Sekretaris umum ini adalah sifatnya menjalankan program yang telah disepakati bukan dengan visi misinya sendiri. Artnya tim nominasi lebih menfocuskan pada penelaahan program kemudian barulah memilih siapa yang sekiranya mampu menjalankan program tersebut.

“Mari ajak Jacky kita warnai pesta iman ini dengan kegembiraan, siapapun yang dipercaya menjalankan program itu harus kita hormati. Sekali lagi jangan lah pemilihan ini seperti layaknya partai politik dengan mengkotak-kotakan harus dari kelompok ini ataupun kelompok itu”, tegasnya.

Ketika ditanyakan kesiapannya menjadi sekum, Pdt Jacky mengatakan, “Saya ini pendeta jadi kalau memang dipaggil kembali megurus gereja akan saya lakukan, seperti saat ini ketika gereja mengutus untuk membantu prisiden dalam bidang agama-agama itupun karena gereja yang memanggilnya”, terangnya gamblang.

Jacky Manuputty peraih penghargaan Safei Maarif Award dan juga penghargaan dari Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia sebagai figure lintas agama ini tegas ketika gereja membutuhkan sebagai pendeta akan siap melaksanakannya. ym

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *