Pemimpin PGI Harus Sudah Berpengalaman di Gerakan Oikumene

Ayo Bagikan:

Waingapu, Majalahgaharu.com Sidang Raya PGI ke 17 tanggal 12 November akan memilih pemimpin untuk PGI ke depan, dan untuk pemimpin tersebut dibutuhkan orang yang memiliki komitmen serta pengalaman dalam gerakan oikumene, lalu seperti apa menurut ketua Sinode Gereja Kristen Rahmani Indonesia  Pdt Hendra Gunawan, ketika dijumpai Minggu 12/11/19 di arena persidangan di Gereja Kristen Sumba Payeti Waingapu,.

Pdt. Hendra  yang mengaku baru pertama kali mengikuti perhelatan sidang raya PGI ini mengatakan, “Saya merasa senang mengikuti acara sidang raya PGI ternyata banyak hal yang sangat menarik seperti menginap di rumah-rumah warga atau jemaat menambah rasa persaudaraan, sementara tuan dan nyonya gereja Kristen Sumba sangat baik dalam menerima kami sebagai peserta sidang”, saksinya bangga.

Sementara mengenai siapa yang layak memimpin PGI ke depan Hendra  dengan tegas berujar, tentu saja dibutuhkan pemimpin yang sudah berpengalaman di bidang gerakan keesaan gereja, nah seperti Pdt Manuel Raintung cocok menjadi salah satu pimpinan PGI mendatang.

“Saya kira sudah tidak diragukan lagi track record dan kapasitas Manuel Raintung untuk duduk menjadi Sekum atau Wasekum PGI 2019-2024. Pengalaman memimpin PGIW Surabaya dab PGIW DKI serta mnejadi anggota FKUB bisa menjadi modal memimpin nanti,” kata Hendra Gunawan.

Pria asli kelahiran Jakarta yang sudah dipastikan akan menjadi Panitia Nominasi dan pemegang hak pilih yang baru pertama sekali menyatakan bahwa nanti akan mengusulkan agar setiap calon pimpinan PGI harus memaparkan visi misinya.

“Saya kira itu penting ya, memang kita perlu tahu supaya tidak seperti memilih kucing dalam karung. Saya akan usulkan perlu untuk adanya sesi pemaparan visi dari setiap calon Ketua Umum, Sekum dan lainnya,” tukasnya.

Seperti diketehui selama ini sistem.yang berlaku selama ini adalah 91 sinode ditambah satu unsur MPH yang menjadi pemegang hak suara akan bergabung dalam panitia nominasi yang menentukan kepemimpinan PGI ke depan. Syarat pemilihannya adalah bahwa setiap gereja pengusul calon yang akan memaparkan, mensponsori dan menjamin putra terbaik yang akan maju. Artinya tidak ada kesempatan calon-calon untuk memaparkan visi misi dan program kerjanya.

Hari ini, Selasa (11/11) salah satu agenda penting Sidang Raya PGI XVII memasuki pembentukan dan pengesahan Panitia Nominasi. Selanjutnya Panitia Nominasi akan dikarantina di suatu tempat dan besok Rabu (12/11) mereka akan memilih semua unsur PGI yang dimulai di dari Ketua Umum hingga jajaran di bawahnya.

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *