Pertama Kali Pemprov DKI Berikan BOTI Kepada Umat Kristen Aras Gereja Merespon Positif

Ayo Bagikan:

Jakarta, majalahgaharu.com-Pemprov DKI Jakarta baru pertama kalinya memberikan dana bantuan operasional tempat ibadah (BOTI) bagi umat Nasrani DKI, sedangkan di tahun-tahun sebelumnya seperti tahun 2018-2019 telah mengucurkan dana bantuan BOTI hanya kepada umat Muslim melalui masjid-mesjid dan mushola.

Tetapi tahun ini 2020 Pemprov DKI telah menetapkan bantuan bukan hanya umat Muslim saja tetapi juga kepada seluruh umat beragama apapun termasuk Kristen masing-masing Rp.2.000.000 dan akan diberikan setiap bulan selama setahun.

Seperti apa tanggapan aras mengenai program BOTI yang diberikan kepada umat Kristen DKI Jakarta, Pdt. Dr R.B.Rory M.Th ketua umum PGLII DKI Jakarta mengatakan bahwa program atau kebijakan pemprov DKI berkenaan BOTI yang diberikan umat Kruisten ini patut di Apresiasi oleh seluruh umat Kristiani DKI.

“Saya selaku Ketua Umum PGLII menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta atas bantuan BOTI ini kepada umat Kristen”, terang Rory yang juga gembala jemaat GSJA ini mantab .

Mengenai persyaratan bagaimana memperoleh BOTI, Rory menjelaskan bahwa,pertama memiliki surat tanda lapor gereja melalui Pembimas Kristen DKI. Kedua, surat tugas Gereja melalui Sinode atau Pimpinan organisasi daerah yang bersangkutan.Ketiga surat tanda lapor domisili melalui kelurahan dan memiliki rekening bank atas nama gereja yang bersangkutan.

Setelah melengkapi persyaratan kemudian diserahkan aras di mana gereja itu bernaung, seperti PGLII, PGPI, PGIW, Bala Keselamatan, Baptis dan lain sebagainya. Pendeta yang ramah ini mengatakan bahwa tahun 2020 ini seluruh aras gereja DKI Jakarta teleh memilih PGPI sebagai koordinatornya.

Pdt Pdt. Jusuf Agustian, S.Kom., M.Th. Sekretaris umum PGPI DKI Jakarta saat dimintai tanggapannya tentang BOTI, mengatakan bahwa BOTI adalah wujud komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD dalam hal memperhatikan seluruh umat beragama, apapun agamanya, sebab BOTI diberikan kepada tempat ibadah untuk semua agama.

Selain itu dengan BOTI ini, ujar Yusuf gembala sidang GBT ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah DKI dalam hal memberikan kebebasan kepada semua pemeluk agama dalam hal menunaikan ibadahnya masing-masing.

BOTI kali ini adalah yang pertama diberikan Pemerintah kepada tempat ibadah agama Kristen, dan untuk tahun ini semua Aras Gereja dipercayakan kepada PGPI sebagai coordinator. Ke depan diharapkan BOTI terus diberikan setiap tahunnya kepada gereja-gereja secara berkesinambungan.

Selaku sekretaris PGPI mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi dan DPRD DKI Jakarta.

Serta kepedulian pemerintah agar setiap warga DKI meningkatkan kerohaniannya, sehingga diharapkan terciptanya kerukunan dan ketentraman dalam masyarakat.

Pdt. Ferry Simanjuntak, M.Th sekretaris umum PGIW DKI Jakarta meresponi BOTI ini menjelaskan bahwa bantuan ini sebenarnya sudah diupayakan dari tahun 2017. Di mana Pembimas ikut menyampaikan bahwa rumah-rumah ibadah semua agama harus mendapat perhatian yang sama, tandasnya.

Bantuan ini juga jangan sampai ada nuansa politis. Sehingga pada waktu DPRD ikut merespon maka aras Gereja semua dilibatkan untuk mengetahui dan memahami, karna jangan sampai ada yang merasa ini usaha dan perjuangan aras tertentu.

Ferry mengaskan bahwa bantuan juga ditujukan ke semua denominasi Gereja yang berada di Jakarta yang tahun ini ditargetkan sekitar 1397 dengan catatan ada hal administrarif yang harus dilengkapi.

“Saya selaku sekretais PGI.W mengajak semua Gereja meresponi bantuan ini dengan segera melengkapi persyaratan administrative”, himbaunya kepas seluruh gereja yang ada di DKI Jakarta..

Berdasarkan informasi bahwa pada tahun 2020 mendatang ada 6.613 rumah ibadah yang akan mendapatkan BOTI.

Rinciannya 3.200 masjid, 2.000 musalah, 1.379 gereja, 15 pura dan 19 wihara. Sementara pada 2019 ini, BOTI hanya diberikan kepada 3.148 masjid dan 1.000 musalah.

Nilai BOTI untuk rumah ibadah sebesar Rp 2 juta, sedangkan untuk musalah Rp 1 juta. Dana diserahkan setiap bulan selama setahun untuk membantu dana operasional mereka. YM

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *