Lumbung Nusantara Bagikan Paket Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19 di Jakarta Utara

Ayo Bagikan:

Jakarta, majalahgaharu.com- Pemenuhan kebutuhan pokok berupa bahan pangan yang diperuntukan bagi masyarakat menjadi perhatian utama selama berlangsungnya masa pandemi Covid-19. Meski pemerintah telah mengambil peranan penting dalam penyaluran bantuan,  langkah tersebut perlu didukung pula oleh masyarakat secara bergotong-royong.

Salah satu wujud kepedulian itu ditunjukkan oleh Lumbung Nusantara dan Ormas Kristen seperti Yayasan Lumbung Yusuf Indonesia bersama-sama My Home, Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) DKI Jakarta, STT LETS, dan Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA Indonesia).

Wujud kepedulian sosial tersebut diwujudkan dengan penyerahan 150 Paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kepada Forum Kerukunan antar Umat Beragama  (FKUB) DKI Jakarta Utara, Kamis (18/06/2020), yang dilaksanakan di halaman Mushola Al-Hikmah Jl. Papanggo I B, RT. 008/01, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Jakarta Pusat.

Sedari pagi Sekertaris FKUB DKI Jakarta Utara H. Endang telah mempersiapkan warga di sekitar untuk berkumpul menyambut kedatangan rombongan FKUB Jakarta Utara dan Pengurus Lumbung Nusantara Pdt. Dr. Ir. Rahmat Manullang M.Si, M.Th.

Dalam sambutannya Endang mengucapkan terima kasih kepada Lumbung Nusantara dan insan pers yang tergabung di PEWARNA Indonesia yang sudah hadir di Mushola Al-Hikmah dalam rangka berbagi Kasih kepada sesama.

Penyerahan bantuan turut dihadiri oleh sejumlah Pengurus FKUB Jakarta Utara, di antaranya KH. Wirta Amin Assallaf, Ketua FKUB Jakarta Utara dari MUI;  Penatua Demsi. HP, dari Protestan; Bambang Winarso, dari Katolik; W.S Lie Suprijadi, mewakili Konghucu; Herry, mewakili Budha; Dorgis Sinurat, dari Katolikserta Made Dane yang mewakili Hindu.

Koordinator Nasional Lumbung Nusantara Pdt.Dr. Ir. Rahmat Manullang., M.Si, dalam sambutannya sempat menyapa masyarakat yang hadir di halaman Mushola Al-Hikmah . Dalam sambutan itu pula Rahmat juga memaparkan tentang upaya nyata Lumbung Nusantara dalam membantu masyarakat yang terdampak Covid-19  melalui sejumlah posko yang mereka dirikan di sejumlah lokasi di Jabotabek.

Dikatakannya pula, pembagian paket sembako di pagi itu merupakan murni sebuah wujud kepedulian dari Lumbung Nusantara terhadap sesama anak bangsa yang terdampak, sekaligus ajang mempererat tali silaturahmi.

“Kami membagikan paket sembako ini tidak ada maksud unsur lain. Kami merasakan saudara-saudara kita yang membutuhkan dan juga banyak saudara-saudara kita terdampak Covid-19. Dan hari ini saya juga ingin bersilaturahmi kepada FKUB DKI Kota Madya Jakarta Utara,” ungkapnya.

Secara khusus Rahmat juga mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang sedari awal terlibat dalam memberi dukungan kepada program Berbagi Kasih yang dilakukan oleh Lumbung Nusantara selama masa pandemi berlangsung.

“Dan saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih telah membantu kegiatan ini dari bulan April di berbagai wilayah. Dan terima kasih juga kepada mereka yang sudah bekerja keras dalam kegiatan ini yang bertujuan meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19 ini, kita tidak tahu kapan berakhirnya pandemi ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua FKUB Jakarta Utara, walaupun bantuan kami ini cuma 150 paket sembako yang terdiri dari beras, minyak, handsanitizer, dan lain-lain, namun diharapkan mampu membawa keringanan dan kelegaan kepada warga lintas agama yang menerima bantuan” terangnya.

Ketua FKUB Jakarta Utara Drs. KH. Wirta Amin Asalaff., M.Si, dalam sambutannya sempat memberikan penjelasan tentang apa arti dari FKUB. Menurutnya, Forum Kerukunan Umat Beragama merupakan wadah yang bertujuan mempersatukan umat beragama agar rukun, bukan mempersatukan agama-agama. Karena, masing-masing umat, tambahnya, sudah memiliki keyakinannya masing-masing. Dengan wadah FKUB ini diharapkan kehidupan umat beragama dapat terjalin dengan harmonis, serta dapat mengedepankan semangat untuk saling berbagi seperti yang telah dicontohkan Lumbung Nusantara di bawah pimpinan Pdt. Rahmat Manullang.

Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan dari pihak Lumbung Nusantara, yang telah mengorbankan waktunya untuk secara khusus datang ke wilayah Papanggo.

“Kami atas nama warga RT 008/01, Kelurahan Papanggo, mengucapkan terima kasih atas bingkisan sembako untuk warga di sekitar RT 003 dan RT 008 dari Rukun Warga 01, serta RW 02 Kelurahan Papannggo. Semoga Tuhan Yang Maha Esa mengganti yang berlipat ganda. Aamiin,” ungkapnya.

Sekretaris PGLII DKI Jakarta, Dr. Antonius Natan, yang bersama-sama dengan PEWARNA menginisiasi kegiatan tersebut menyatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian masyarakat Kristiani untuk meringankan kebutuhan akan sembako kepada sesama.

Pada kesempatan ini Antonius Natan yang juga pengurus Lumbung Yusuf turut mengimbau agar setiap warga yang berkemampuan lebih agar ikut memperhatikan sesama warga di lingkungan mereka masing-masing, guna membantu dan meringankan beban yang dihadapi.

“Covid-19 merupakan virus yang harus kita hindari dan menjadi musuh bersama. Mari kita perangi dengan menjaga diri tetap bersih, tetap di rumah saja dan gunakan masker jika terpaksa keluar rumah serta menjaga jarak,” kata Antonius Natan menyambung imbauannya, saat dihubungi oleh awak media.

Menutup kegiatan, Dr. Rachmat Manullang juga sempat menyampaikan pentingnya masyarakat mulai menggali informasi dan belajar seputar kemandirian pangan. Menurutnya proses pembelajaran bisa dimulai melalui berkebun, memproduksi sayur-mayur secara mandiri di rumah masing-masing hingga beternak, sebagai bagian dari Gerakan Ketahanan Pangan yang sedang digaungkan oleh Lumbung Yusuf.

“Bertani dan Beternak menjadi penting untuk mempertahankan hidup di masa depan menuju New Normal.  Demikian Penggerak Generasi Social Entrepreneur, membangun negeri dengan beternak dan bertani,” pungkasnya.

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *