Rahmat Effendi Walikota Bekasi Dinobatkan Sebagai Bapak Toleransi Umat Beragama

Ayo Bagikan:

BEKASI, MAJALAHGAHARU.COM — Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing memimpin ibadah perayaan Natal bersamaaparatur sipil negara, TNI, Polri dan umat Kristiani se-Kota Bekasi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (14/1). Natal yang diikuti puluhan ribu umat Kristiani Bekasi ini juga dihadiri Wali Kota Bekasi Dr Rahmat Effendi dan para tokoh agama antara lain Rekson Sitorus SH, Romo Sarto Mitakda SVD, Pdt Samsir Sinaga DMin (Ketua PGIS Bekasi), Edison Manurung SH MM (Wakil Ketua Majelis Umat Beragama), Linda Sirait(Kementerian Agama), Gerakan Pemuda Ansor, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) serta  perwakilan dari agama lainnya. Dalam perayaan Natal itu, Wali Kota Bekasi bersama pa ra pemuka agama turut menyalakan lilin Natal sebagai simbol kedamaian dan kebersamaan.

Votum dan salam perayaan Natal disampaikan Pdt Samsir Sinaga DMin (Ketua PGIS Bekasi). Dalam khotbahnya, Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing mengutarakan ke banggaannya atas terjalinnya persatuan dan kesatuan dalam Natal Oikumene bersama ini.

“Kita bisa berkumpul di sini merayakan Natal bersama meskipun kita berasal dari berbagai denominasi dan suku. Kita memang memiliki perbedaan. Saya orang Batak. Dan yang hadir di sini juga ada orang Jawa, Minahasa, Flores dan lain-lain. Kendati berbeda, namun ada kesamaan yakni sama-sama manusia ciptaan Tuhan,” kata dia.

Darwin menegaskan, kepelbagaian bukan sama sekali ancaman. Sebaliknya, dalam kepelbagaian carilah kebersamaan. “Perbedaan bukanlah ancaman. Justru karena berbeda maka ada kesempatan bagi kita untuk membangun kebersamaan sehingga tercipta persatuan dankesatuan bangsa,” pungkas dia.

Usai ibadah, Wali Kota Bekasi melantik Majelis Umat Beragama Kota Bekasi untuk merawat Kota Bekasi sebagai barometer kerukunan umat beragama di Indonesia. Juga Wali Kota Bekasi menerima penghargaan sebagai Bapak Toleransi oleh Majelis Umat Beragama atas kiprahnya turut merawat keberagaman di Kota Bekasi.

Menurut Ketua Panitia Natal bersama ini ,Hotman Pane, predikat tersebut pantas didapatkan oleh Dr.Rahmat Effendi, terlebih dirinya mengetahui bahwa sejak tahun 2010Dr.Rahmat Effendi telah merintis dan menggagas kebersamaan antar umat beragama dalam bingkai toleransi antar Umat beragama yang ada di Kota Bekasi. Berbagai upaya Rahmat Effendi selaku kepala daerah dengan tanpa lelah berkeliling wilayahnya guna menga jak masyarakat untuk hidup berdampingan,saling toleran dan saling bahu membahu bersama membangun Kota Bekasi yang bisa terlihat keberhasilannya salah satunya adalah Indek Pembangunan Manusia (IPM)-nya terbaik kedua se-Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bekasi Dr H Rahmat Effendi mengucapkan selamat Natal kepada seluruh umat Kristiani di Kota Bekasi. Dia berharap kasih memenuhi Kota Bekasi agar terjadi kedamaian dan keamanan sehingga tercipta kesejahteraan.

“Tidak akan ada diskriminasi di Kota Bekasi yang penduduknya heterogen. Siapapun pemimpin tidak boleh mendiskriminasi. Peradaban itu harus kita ciptakan di Kota Bekasi. Dan itu perlu kekonsistenan dari kita semua,” tegas dia.

Rahmat Effendi juga menyampaikan bahwa seluruh fasilitas umum di Kota Bekasi seperti Stadion Patriot Chandrabhaga ini boleh dipergunakan oleh seluruh masyarakat yang ada,baik itu muslim,kristiani,hindu dan budha ataupun suku bangsa yang ada di Kota Bekasi .”Silahkan dipergunakan, ini semua dibangun atas pajak masayarakat Bekasi, untuk itu semua mempunyai hak yang sama untuk mempergunakannya.Yang penting dijagadan dirawat semua fasilitasnya ”jelas Walikota Bekasi tersebut.

Ketua Umum Panitia, Hotman S Pane mengatakan, Natal bersama dengan biaya swadaya dari umat Kristiani ini merupakan Natal akbar pertama kali di Kota Bekasi. Ia mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Bekasi yang memberikan biaya gratis atas penggunaan Stadion Patriot Bekasi. “Kami  Natal ini untuk menjaga toleransi di Kota Bekasi,” tandas dia.

Turut menghibur perayaan Natal, antara lain Lex Trio dan Tety Manurung. Persembahan kolekte yang dikumpulkan dalam Natal tersebut akan diserahkan kepada para korban gempa di Aceh. Pada perayaan Natal itu juga Wali Kota Bekasi mengalungkan bunga kepada Edison Manurung SH MM, sebagai sesama kader KNPI. Ron Onibala

 

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *