Komunitas Batak Jabodetabek Deklarasi Batak Bersatu Dukung Jokowi-Ma’ruf

Ayo Bagikan:

Jakarta, majalahgaharu.com – Belasan ribu masyarakat Batak perantauan di Jakarta dan sekitarnya memadati Gedung Mulia Raja, Kebon Nanas, Jakarta Timur hari Minggu kemarin (30/09) untuk menghadiri dan melakukan deklarasi bersama “Batak Bersatu dukung Joko Widodo -Ma’ruf Amin.”  dilaksanakan dihadapan sedikitnya sepuluh ribu orang lebih orang Batak perantauan, berasal dari lima puak Batak, yang memadati Gedung Mulia Raja, Kebun Nanas, Jakarta Timur, Minggu (30/9/2018) malam.

Deklarasi ini diinisiasi oleh Maruarar Sirait dan mendapat dukungan lima Bupati dari daerah Tapanuli, Dairi dan Karo. Adapun Bupati yang hadir adalah Drs. Rapidin Simbolon, SE, MM (Bupati Samosir), Drs. Nikson Nababan (Bupati Tapanuli Utara), Dosmar Banjarnahor (Bupati Humbang Hasundutan), Arya M. Sinulingga (Bupati Tanah Karo) dan Eddy KA Berutu (Bupati Dairi).

Meski tidak dihadiri Jokowi, berhalangan hadir karena masih mengunjungi korban gempa di Palu dan Donggala, namun hadir Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir. Deklarasi ini juga dihadiri tokoh dan politisi Batak seperti Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Maruarar Sirait, Otto Hasibuan, Junivert Girsang, Sukur Nababan, Trimedya Panjaitan, Arya Sinulingga, Marsiaman Saragih, Marthin Manurung, Marsiangin Saragih, SAE Nababan, Tommy Sihotang dan tokoh-tokoh lainnya.

Sebelum deklarasi, Maruarar Sirait langsung memandu diskusi dengan bertanya mengapa harus dukung Jokowi Maruf. Bupati Samosir Rapidin Simbolon menjawab bahwa Presiden Jokowi sangat perhatian dan peduli dengan pembangunan Kabupaten Samosir. Baru masa Jokowi pembangunan Samosir meningkat di segala bidang, salah satunya kemajuan pariwisata. “Kami warga Samosir mendukung Jokowi melanjutkan periode kedua,” teriaknya. Senada dengan itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menyatakan bahwa warga Humbahas sangat mendukung Jokowi. “Pemilu 2014 lalu bahwa 94 persen warga Humbahas mendukung Jokowi dan pemilu mendatang akan lebih banyak lagi,” janjinya.

Demikian juga, Edy Berutu selaku Bupati Dairi juga menyatakan bahwa warganya sangat mendukung Jokowi menjabat dua periode. Pembangunan Indonesia yang sangat signifikan hampir di semua bidang harus dilanjutkan. Sementara Arya Sinulingga yang juga Bupati Karo menyatakan bahwa Jokowi sangat percaya orang Karo. Kepercayaan itu dinyatakan dengan berkali-kali berkunjung ke Tanah Karo. “Kabupaten Karo masih banyak membutuhkan pembangunan dan kami orang Karo percaya bahwa itu bisa berkelanjutan jika Jokowi menjabat kembali,” paparnya. Tak mau kalah, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan juga menyatakan bahwa warganya sangat mendukung Jokowi memimpin Indonesia untuk periode keduanya. Tapanuli Utara mengalami kemajuan pesat dalam pembangunan termasuk dengan menjadikan Bandara Silangit menjadi bandara Internasional.

Ketua Panitia Rolas Sitinjak pada kesempatan itu menyatakan terimakasih atas dukungan yang diberikan semua pihak dan juga dengan kehadiran warga Batak Jabodetabek. “Terimakasih kepada Bupati Taput yang telah menyumbang mi gomak, Bupati Humbahas dan Dairi yang telah menyumbang kopi, dan juga sumbangan lainnya. Juga kepada Sabam Sirait, Maruarar Sirait dan seluruh yang memberi dukungan kepada terselanggara acara ini,” tutur Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan dari Jakarta ini. Selain artis Batak, acara “Batak Bersatu dukung Jokowi-Ma’ruf  juga menghadirkan artis nasional Kiki Sidabutar, Panda Hutagalung, Edo Kondologit, Lea Simanjuntak, Rita Butar-Butar, Amsisi, RNB dan artis Batak lainnya. Pada kesempatan itu, secara spontan panitia juga mengajak seluruh peserta untuk mengumpulkan donasi untuk disumbangkan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, yang terkumpul 126 juta. [RA]

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *