Penyuluhan Wawasan Dunia Kristen Kepada Generasi Z di SMP negeri 103 Jakarta Timur

Ayo Bagikan:

Jakarta, majalahgaharu.com-Generasi Z adalah generasi yang dilahirkan dalam rentang tahun 1995-2010, atau generasi muda dengan rentang usia 9-24 tahun. Berada dalam masyarakat dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, sudah pasti membawa dampak bagi Generasi Z. Secara psikologis, ada kecenderungan untuk selalu berorientasi pada diri dan menyukai hal-hal yang serba cepat.

Hal ini apabila kurang terkontrol berakibat pada ketergantungan atau bahkan sampai di taraf addict. Secara khusus ada sebutan bagi generasi ini adalah generasi gila gadget dan narsis. Dengan kegilaan ini akan muncul generasi “alay”: selfish, narsis, dan ASRI (asyik sibuk sendiri) dengan gadget-nya. Tanpa disadari, kebiasaan ini berakibat pada kehidupan yang kurang bersosialisasi dan egois.

Akibat buruk di atas merupakan penyimpangan dari world view Kristen tentang cara pandang manusia terhadap diri. Penyimpangan wawasan dunia pada Generasi Z Kristen (pelajar) setidak-tidaknya dapat mempengaruhi cara berpikir dan bertindak.

Pengaruh ini tidak hanya dirasakan pada tataran berpikir dan bertindak melainkan juga pada tataran goal setting atau tujuan hidup. Generasi Z Kristen (pelajar) harus diberi pemahaman tentang “siapa saya” dan “bagaimana saya hidup di era Generasi Z” dengan wawasan dunia Kristen. Oleh karena itu, pendampingan terhadap kaum Generasi Z Kristen tidak hanya menjadi sebuah diskursus melainkan keharusan.

Persoalan di atas tidak hanya menjadi sebuah keprihatinan melainkan membutuhkan “sentuhan” dalam tindakan nyata. Pada tanggal 30 Agustus dan   7 September 2019, Prodi Pendidikan Agama Kristen, FKIP, UKI melakukan penyuluhan tentang wawasan dunia Kristen kepada Siswa/i di SMPN 103 Cijantung Jakarta Timur.

Penyuluhan tentang wawasan dunia Kristen sangat penting bagi siswa/i karena mereka harus menghadapi dunia yang semakin berkembang pesat dengan perubahan-perubahannya. Untuk itulah penyuluhan ini penting karena mereka harus mengerti tentang diri mereka sebagai generasi Z serta dibekali dan dikuatkan melalui wawasan Kristen.

Selama kegiatan, peserta mengikuti dan mendengarkan dengan sangat antusias. Siswa/i yang mendapatkan penyuluhan  tentang Wawasan Dunia Kristen generasi Z dan cara menghadapinya, mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan materi yang disampaikan. Diakhir sesi, peserta diminta mengisi kuisioner.

Suasana belajar mengajar sedang berlangsungdi SMP N 103 Jakarta Timur

Hasilnya, siswa/I dan guru PAK di SMP 103 Jakarta Timur memandang penyulusan tentang wawasan dunia Kristen sebagai kegiatan yang sangat bermanfaat. Materi penyuluhan membantu siswa/I; 1) memahami dan memandang diri dengan benar; 2) materi penyuluhan membantu siswa/I mempersiapkan diri menghadapi gempuran-gempuran pengaruh negatif pada perkembangan anak-anak generasi Z.

Sebagai informasi, bahwa dosen-dosen Prodi PAK FKIP, UKI yang hadir sebagai pemateri adalah Pdt. Esther Rela Intarti, M.Th; Pdt. Stepanus Daniel, M.Th; Christina Metallica Samosir, M.Pd.K; dan, Noh Ibrahim Boiliu, M.Th., M.Pd. Kegiatan ini juga diikuti oleh Guru Agama Kristen SMPN 103 Jakarta Timur, ibu Nelly Rode Bangun, M.Pd.K.

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *