PKM UKI Di Desa Srimahi Tambun Utara

Ayo Bagikan:

MAJALAH GAHARU-Melalui Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan MBKM berbasis Kinerja IKU bagi PTS Tahun 2022, Batch II, Universitas Kristen Indonesia (UKI) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Pulo Puter, Desa Srimahi, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi pada Sabtu, 9 Desember 2022 yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa.

Terdapat dua kegiatan yang dilakukan secara pararel yaitu ; Pertama, Penguatan Tata Kelola Usaha Mandiri (PTKUM) penggilingan padi dengan narasumber Prof. Dr. Hotmaulina Sihotang, M.Pd dan Dr. Dra. Erni Murniati, SH, M.Pd , yang membahas tentang fungsi-fungsi manajemen dan praktek praktek pelaksanaannya. Dalam penguatan ini masyarakat yang terlibat adalah pengelola dan pekerja usaha mandiri penggilingan padi serta aparat desa seperti Ketua RW 01, Ketua RT 01 dan Babinsa; Kedua, Penyuluhan Lingkungan Sehat dan Ketahanan Keluarga (PLSKK) dengan narasumber Dr. Audra Jovani, MPS dan Christina Metallica Samosir, M.Pd.K yang membahas mengenai pentingnya pendidikan dalam keluarga dan perubahan perilaku melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Masyarakat yang mengikuti penyuluhan ini adalah orangtua dan anak-anak.
Selain itu, pelaksana PKM melalui Ketua Pelaksana Dr. Dra. Erni Murniati, SH, M.Pd memberikan bantuan benih tanaman cabe rawit, kangkung dan bayam untuk dapat ditanam di pekarangan rumah dan dapat dikonsumsi oleh seluruh keluarga.

Pelaksana PKM UKI juga memberikan tempat sampah organik dan non-organik agar masyarakat dapat mempraktekkan PHBS.
Kegiatan ditutup dengan komitmen pengelola usaha mandiri untuk meningkatkan usahanya dimulai dengan adanya struktur, tupoksi, administrasi bisnis (kop surat, nota, buku pencatatan) dan dimasa depan akan ada legalitas usaha mandiri yang akan dampingi oleh pelaksana PKM UKI. Selanjutnya masyarakat juga berkomitman untuk menjaga kebersihan lingkungan melalui PHBS dan memprioritaskan pendidikan anak untuk mencapai cita-cita.
(Sumber PKM UKI)

Facebook Comments Box
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Natal Pegawai di lingkungan Bimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tue Dec 13 , 2022
Majalahgaharu.com Yogyakarta Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan ibadah dan perayaan Natal, 13 Desember 2022 di hotel LPP Garden Yogyakarta. Tema yang diusung adalah tema Nasional dari Matius 2:12 “…maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain”, dengan Sub tema: “Dengan Natal kita tingkatkan integritas, kreatif, solutif dan inovatif […]

You May Like