Melayani di Tengah Corona, Anggota DPRD Kota Bekasi Pimpin Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Gereja

Ayo Bagikan:

Bekasi, majalahgaharu.com- Perang melawan penyebaran virus corona (Corona Virus Disease-10/Covid-19) terus dilakukan oleh semua elemen masyarakat.  Banyak cara yang dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus, mulai dari melakukan physical distancing, menggunakan masker, hingga melakukan segala aktivitas dari rumah.

Upaya melawan virus corona juga diinisiasi tokoh masyarakat dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah titik menjadi zona merah Covid-19. Seperti yang dilakukan oleh Rasnius Pasaribu, tokoh masyarakat di Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Bersama dengan sejumlah relawan, pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Bekasi, ini, melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah di Bekasi Utara, termasuk di gereja-gereja yang ada.

“Hampir seluruh kelurahan di Kecamatan Bekasi Utara ini sudah kita semprot, bahkan berkala, seperti itu. Jadi kalau ditanya berapa titik, kita tidak pernah menghitungnya. Ada enam kelurahan di Kecamatan Bekasi Utara, sudah kita lakukan penyemprotan dan kita lakukan berkala,” ujar Rasnius usai memimpin penyemprotan di GPdI Bethesda, Bekasi Utara, (24/04/2020).

Meski penyemprotan disinfektan telah dilakukan secara berkala, Rasnius menilai saat ini yang terpenting adalah bagaimana masyarakat Kota Bekasi bisa turut serta dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona. Selain langkah sterilisasi, cara yang paling efektif menurutnya adalah dengan mematuhi imbauan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Pertama, Pemerintah Kota Bekasi sudah maksimal dalam melaksanakan PSBB. Oleh karena itu imbauannya kepada warga masyarakat mematuhi PSBB ini supaya bisa menghambat penyebaran Covid-19 ini,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 juga berdampak secara ekonomi kepada masyarakat kelas bawah, tak terkecuali bagi mereka yang ada di Kota Bekasi. Rasnius kemudian angkat bicara menyikapi situasi terkini tentang pentingnya pendistribusian bantuan bahan pokok secara tepat sasaran, diperuntukan bagi warga yang benar-benar terdampak.

Selain penyemprotan disinfektan, Rasnius juga memprakarsai pemberian bantuan kepada masyarakat, yang terdiri dari kebutuhan pokok hingga masker.

“Bukan hanya hari ini saja, kita juga melakukan penyemprotan di banyak tempat, di beberapa kelurahan dan juga membagikan masker dan sembako untuk membantu warga masyarakat, khususnya warga yang sungguh-sungguh terdampak oleh akibat Covid-19 ini,” imbuhnya.

Rasnius lebih lanjut mengungkap, bahwa saat ini yang harus menjadi konsentrasi dalam pendistribusian bantuan adalah sejumlah profesi yang benar-benar terdampak secara ekonomi.

“Tentu semua terdampak, tetapi dari sisi ekonomi, keuangan, pasti ada juga warga yang sungguh sangat terdampak. Artinya bagi saudara-saudara yang memiliki profesi seperti pemulung, tukang becak, tukang ojek maupun profesi lain yang sungguh-sungguh sangat terpuruk. Oleh karena itu kita fokuskan bantuan, baik itu berupa masker dan sembako ke mereka,” ungkapnya lagi.

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *