Hospitour 2020 Bahas Tantangan dan Peluang Industri Pariwisata di Era ‘New Normal’

Ayo Bagikan:

Banten, majalahgaharu.com-Situasi ‘new normal’ yang baru-baru ini disosialisasikan menuntut setiap lapisan masyarakat mau tidak mau beradaptasi baik dari sisi gaya hidup individu hingga cara kerja suatu industri. Seluruh industri pastinya terdampak, terlebih industri pariwisata dan perhotelan. Industri yang sebelumnya mengutamakan layanan tatap muka, kini harus mampu  berinovasi menawarkan inovasi ala ‘new normal’. Berbagai aspek terkait isu pasca pandemi Covid-19, akan diangkat Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan (UPH) dalam rangkaian HOSPITOUR 2020 yang membahas “Tantangan dan Peluang serta Inovasi Industri Pariwisata di Era New Normal”.

“Saat ini keadaan mengharuskan kita melakukan social distancing dan seluruh aspek tanpa terkecuali harus berjuang beradaptasi dengan keadaan ‘new normal’. Untuk itu kami ingin berkontribusi untuk mendukung keadaan ini melalui beragam kegiatan yang bisa jadi sarana mendatangkan ide-ide segar hasil diskusi para ahli dalam menghadapi tantangan, mencari solusi, dan inovasi yang dibutuhkan untuk memulihkan keadaan di industri ini,” jelas Tasya – Panitia HOSPITOUR 2020

HOSPITOUR merupakan acara tahunan dari Fakultas Pariwisata yang turut beradaptasi dengan keadaan new normal ini dengan menghadirkan rangkaian acara online yang menarik. EARTH, Environment – Friendly and Responsible Tourism Through Hospitality – menjadi tema utama yang dipilih Hospitour 2020 yang berlangsung pada 15-17 Juni 2020.

“Beragam rangkaian acara yang dihadirkan antara lain Seminar Nasional Online, Alumni Gathering Online , Job Fair, Guest Lecture Online, Exhibition Online, Focus Group Discussion Online, Workshop Online dan berbagai Kompetisi Nasional Online yang menarik. Seluruh acara dilakukan melalui platform Zoom, Microsoft Teams, Youtube, dan social media pendukung lainnya,” jelas Tasya.

Setiap acara ditujukan untuk target peserta dan audience yang berbeda-beda. Begitu juga tujuan setiap acara ditetapkan panitia secara khusus. Seminar Nasional bertujuan memberikan insight kepada peserta yaitu para mahasiswa juga publik mengenai keadan industri pariwisata di era new normal  hingga pasca pandemi yang dibahas bersama para profesional. Guest Lecture Online menghadirkan para alumni Fakultas Pariwisata UPH untuk membagikan pengalaman dan tantangan dalam profesi mereka kepada para mahasiswa.

Ada juga sesi Focus Group Discussion Online untuk membicarakan gambaran pendidikan pariwisata pasca pandemi, dengan melibatkan perwakilan asosisasi dan industri Pariwisata. Pembahasan difokuskan pada rencana ke depan serta persiapan kurikulum yang ideal bagi pendidikan pariwisata terkait situasi yang baru nanti.

HOSPITOUR 2020 ini juga mengajak siswa SMA/SMK ikut berpartisipasi dalam beragam kegiatan workshop dan kompetisi online. Workshop bertujuan untuk mengajak siswa SMA/SMK mengenal bisnis cloud kitchen, istilah baru di dunia bisnis kuliner yang menjanjikan di tengah situasi saat ini, mengingat industri penyedia makanan dan minuman mampu bertahan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Untuk itu tren ini menjadi penting dipahami siswa SMA/SMK sehingga memberi  keyakinan terhadap peluang berkarier di industri ini.

Sedangkan Kompetisi online menargetkan peserta tingkat mahasiswa se-Indonesia untuk berpartisipasi pada kompetisi bersifat ilmiah, entertainment,  hingga uji kemampuan praktis dan dasar di bidang Perhotelan dan Usaha Wisata. Kompetisi tersebut diantaranya Scientific Paper Online, Towel Art Competition Online, Pastry Competition Online, Mixing Drinks Competition Online, Tour Package Competition Online, Modern Dance, Vocal Group Competition, dan lainnya.  Khusus  Modern Dance dan Vocal Group, kompetisi ini terbuka untuk siswa SMA/SMK.

Selain kegiatan tersebut, HOSPITOUR 2020 kali ini juga menghadirkan rangkaian kegiatan lainnya seperti Job Fair, Exhibition, Focus Group Discussion,dan  Alumni Gathering Online. Secara khusus Alumni Gathering Online merupakan kegiatan para alumni Fakultas Pariwisata juga menyampaikan dukungan nyata melalui Gerakan “Alumni Charity Day” yang ditujukan membantu rumah sakit yang khusus menangani pasien Covid-19.

Melalui HOSPITOUR 2020, harapanya Fakultas Pariwisata UPH dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan yang bermanfaat, sekaligus menjadi penyemangat bagi para pelajar dan mahasiswa serta pelaku industri pariwisata di tengah pandemi tanpa dibatasi jarak. Hal ini menjadi bukti komitmen UPH untuk berkontribusi nyata bagi dunia pendidikan dan kemajuan industri pariwisata di Indonesia.

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *