Rumah Kebudayaan Nusantara Umumkan Pemenang Lomba Video Kreatif Memperingati Hari Kelahiran Pancasila

Ayo Bagikan:

Jakarta-majalahgaharu Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN) mengumumkan pemenang lomba video kreatif bagi generasi milenial, Sabtu (21/8/2021). Lomba diadakan dalam rangka memperingati kelahiran Pancasila sebagai ideologi pada Juni 2021.

Pemenang video berhak mendapat hadiah uang tunai total Rp22 juta.

Selain memperingati kelahiran Pancasila, lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan daya imajinasi dan kreativitas generasi milenial untuk membuat karya yang inspiratif, mudah dibuat dan juga berbiaya murah. Terutama di masa pandemi Covid-19 di mana kegiatan masyarakat di tempat-tempat umum sangat dibatasi.

Sejak pembukaan pendaftaran pada 17 Mei 2021 hingga 17 Juni 2021, lomba video kreatif RKN mendapat sambutan antusias dari peserta yang umumnya merupakan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kategori tema lomba adalah “Menanggulangi Hoaks, Merawat Keberagaman, Pengalaman di Masa Pandemi dan Menjaga Lingkungan.” Dari 433 video kiriman peserta, 266 diantaranya telah lolos seleksi,” kata Ketua Panitia Lomba Video Kreatif RKN, Sebastian Salang dalam keterangan pers, Sabtu (21/8/2021).

Menurut Sebastian, dari 266 video yang lolos seleksi, dua peserta mengundurkan diri di tengah lomba. Kemudian juga terdapat 54 video yang terbukti melanggar copyright Youtube sehingga tidak bisa diupload ke Channel Youtube RKN Media dan didiskualifikasi dari lomba.

“Hingga akhirnya video peserta yang berhasil diupload ke Chanel Youtube RKN Media mencapai 210 karya video,” ujar dia.

Sebastian mengatakan, penilaian kemudian dilakukan berdasarkan lima komponen yakni banyaknya views, subscriber, comment, like dan dislike dari tiap video karya peserta yang diunggah (upload) di Channel Youtube RKN selama 30 hari.

Adapun pengumuman ini dilakukan setelah panitia melakukan serangkaian proses seleksi. Menurutnya, setiap peserta lomba mendapat kesempatan yang sama untuk dipublish di kanal Youtube RKN Media dengan durasi waktu yang sama.

“Jadi secara teknis, panitia tidak bisa mengupload 266 sekaligus, makanya secara bertahap. Setiap hari 10 video. Selesai perhitungan samapai pada 17 Agustus kemarin. Kami merekap semuanya sehinga kami mengumumkan secara resmi siapa pemenangnya,” ujarnya.

Berdasarkan penilaian tersebut, dewan juri telah memutuskan para pemenang Lomba Video Kreatif RKN adalah sebagai berikut:

  1. Pemenang pertama, Aidil Saputra, asal Makassar Sulawesi Selatan. Berhak atas hadiah uang tunai Rp7 juta.
  2. Pemenang kedua, Ikhsan Nurhakim, asal Cilacap, Jawa Tengah. Berhak atas hadiah uang tunai Rp5 juta
  3. Pemenang ketiga, Rodys Bravela Mutaqin, asal Ponorogo, Jawa Timur. Berhak atas hadiah uang tunai Rp3 juta.

Sedangkan Tujuh finalis terbaik yang berhak atas hadiah uang tunai Rp1 juta adalah:

– Angelyn Fanny Wicaksana, Jakarta timur

– Hafidz Muhammad Farhan, Situbondo Jawa Timur

– Firmansyah, Batam Kepulauan Riau

– Stay on Movie, Padang Sumatera Barat

– Robie Kuncoro, Tulungagung Jawa Timur

– Intan Malehatus Soleha, Jember Jawa Timur

– Putu Delicia Revalina Putri, Pondok Gede, Bekasi Jawa Barat

Rumah Kebudayaan Nusantara merupakan wadah untuk menjaga dan memelihara budaya Nusantara sebagai jati diri, identitas dan kepribadian bangsa di tengah benturan peradaban global atau clash of civilization.

Facebook Comments Box
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *