Menggunakan Berita Video Buat Penginjilan Maupun Bisnis

Ayo Bagikan:

JAKARTA, Dalam kesempatannya sebagai pemateri kedua, Donny Leonardo memberikan tehnik bagaimana membuat vidio dengan menggunakan alat sederhana rABU 1/08/17.

‘Hampir semua kita punya Handhone pintar khan?, itu bisa digunakan untuk membuat suatu berita vidio yang baik dan menarik,’ kata mantan kameramen CBN ini.

Donny juga menjelaskan persiapan apa saja yang harus dilakukan saat akan melakukan peliputan vidio. Selain itu, lanjut dia, sebelum video diterbitkan atau dibagikan, sebaiknya video tersebut diedit lebih terlebih dahulu.

‘Berita vidio bisa menjadi sarana memberitakan kabar baik atau penginjilan juga. Vidio dengan kualitas gambar yang baik menunjang kualitas pesan yang ingin disampaikan di vidio tersebut,’ jelasnya.

Dalam paparannya, Donny juga menjabarkan beberapa media sosial yang bisa dipakai untuk menyebarkan berita vidio yang dibuat. ‘Berita vidio bisa mendatangkan kebaikan juga keburukan. Bisa jadi sarana penginjilan, bisnis dan bahkan mata pencarian,’ ujarnya.

Kemampuan membuat sebuah tulisan sesungguhnya dibutuhkan oleh setiap orang. Selain agar pesan yang ingin disampaikan mudah dimengerti dan dipahami juga sebagai agar tulisan yang kita buat tidak menimbulkan masalah.

Bertindak sebagai pemateri ketiga, penulis yang juga Pemimpin Redaksi (Pemred) tabloid Agape, Hotman J Lumbangaol membagikan materi tentang bagaimana menulis dan menghasilkan tulisan yang baik. Dikatakan dia, esensi dari menulis tidak akan pernah hilang. ‘Seseorang terkenal dan dikenal dari sebuah tulisan,’ katanya di hadapan ratusan mahasiswa STT Setia yang mengikuti pembekalan ilmu jurnalistik oleh Pewarna ID tersebut.

BERSAMA PEMATERI DOSEN DAN PESERTA

Menurut Hotman, modal dasar seorang penulis adalah dengan gemar membaca. Pentingnya membaca bagi seorang penulis, kata dia, untuk menambah wawasan, literasi, perbendaharaan kata dan inspirasi untuk menulis.

‘Menulis harus dari hati dan bertujuan untuk memberkati atau memberi dampak bagi orang lain,’ ungkap Hotman yang memiliki nama pena Hojot Marluga ini.

Selain untuk memberikan pesan dan buah pikiran atau ilmu pengetahuan, menulis dengan baik juga berguna saat membuat informasi tertulis. Tulisan sebaiknya mudah dimengerti dan terpercaya.

 

Dalam pembekalan di STT Setia tersebut, tim pemateri Pewarna ID didampingi oleh Ketua Umum DPP Pewarna ID, Yusuf Mudjiono dan Koordinator kegiatan Roadshow Joe.  Dalam kesempatannya, Joe yang bertindak sebagai moderator dan MC kegiatan berharap kegiatan ini dapat menjadi modal atau pembekalan bagi mahasiswa STT Setia saat kelak menjadi seorang hamba Tuhan atau Pendeta dalam memberitakan pengajaran firman Tuhan dan penginjilan dengan menggunakan media yang ada.

‘Pendeta juga perlu pandai menulis, bisa membuat berita video dan memberikan pencerahan terkait berita yang menyesatkan. Itu semua bisa juga sebagai sarana penginjilan dan memberitakan kabar baik,’ harap Joe, anggota Pewarna ID dari radio Heartline.

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *