Natal PGIW Jakarta di GPIB Nazareth

Ayo Bagikan:

Jakarta, majalahgaharu.com – Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah DKI Jakarta (PGIW DKI Jakarta) menyelenggarakan ibadah natal di GPIB Jemaat Nazareth, Jakarta Timur, Sabtu sore (12/01/2018). Tema Natal PGIW Jakarta adalah, “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita”. Pelayan Firman Natal PGIW DKI Jakarta Pdt. Timotius Adhi  Dharma M.Si mengingatkan bahwa kehadiran orang Kristen harus berperan sebagai jawaban dari permasalahan bangsa. Natal, kata Pdt. Timotius, mesti menjadi momen refleksi umat untuk menghadirkan sukacita dan damai sejahtera kepada semua orang.

“Refleksi kita bukan terbatas hanya di perayaan dan penyalaan lilin. Namun refleksi kita harus mengajak kepada diri kita, mengajak umat, untuk mewartakan sukacita ke semua level permasalahan kehidupan. Mewartakan kebebasan dari rasa takut, mewartakan damai sejahtera,” tandasnya. Ibadah Natal PGIW DKI Jakarta dilanjutkan dengan penyalaan lilin yang dilakukan oleh sejumlah perwakilan mitra kerja lembaga aras tersebut. Lilin pertama dinyalakan oleh Pdt. Timotius Adhi Dharma. Ketua PGIW DKI Jakarta, Pdt. Manuel Raintung ikut dalam prosesi dengan menyalakan lilin kedua. Sementara dari pihak pemerintah, penyalaan lilin dilakukan oleh Pembimbing Masyarakat Kristen Kanwil DKI Jakarta Lisa Mulyati S.Sos., M.Si. Lilin keempat kemudian dinyalakan oleh Pdt. Henry Jacob yang mewakili GPIB Jemaat Nazareth. Sedangkan dari tokoh masyarakat diwakili oleh Sondang Tiar Tampubolon.

Dari tahun ke tahun PGIW Jakarta secara bergantian mengadakan natal di gereja-gereja di wilayah Jakarta. Untuk tahun ini, kata Pdt. Raintung, tempat yang dipilih adalah GPIB Nazareth, Rawamangun, Jakarta Timur. “Jadi dominasi umat yang hadir dari Jakarta Timur. Kita tidak buat di gedung, tetapi selalu di gereja. Acara juga sifatnya lebih kepada persekutuan,” imbuhnya. Pembimas Kristen DKI Jakarta yang berkenan hadir pada kesempatan itu ikut mengingatkan masyarakat gereja tidak lupa berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilihan Umum mendatang. Menurutnya partispasi umat amat menentukan masa depan bangsa ini kelak.

“Tahun ini kita akan menyambut pesta demokrasi. Saya ingin ingatkan bahwa marilah kita sama-sama menggunakan hak pilih kita. Karena ketika kita menggunakan hak pilih kita, kita akan menentukan masa depan bangsa ini lima tahun ke depan,” kata Lisa Mulyati. Lebih jauh Lisa juga mengajak PGIW DKI Jakarta selaku mitra kerja, untuk ikut menjaga harmoni antar umat di DKI Jakarta. “Bagaimana kita memberikan harmonisasi di antara perbedaan itu. Keberagaman itu adalah bagian dari kita yang hidup di Provinsi DKI Jakarta. Jadi marilah kita terus memberikan yang terbaik bagi umat yang ada di DKI Jakarta,” pintanya.

Natal PGIW DKI Jakarta turut diisi dengan penampilan Paduan Suara (PS) lintas gereja di Jakarta. Tim PS dari Bidang Pelayanan Anak GKP Rehoboth, PS Jemaat GKPI Rawamangun, PS Komisi Perempuan PGIW DKI Jakarta, PS GPSI Soteria, PS Rahel GPIB Nazareth, PS POUK Klender, PS GKI Bekasi Timur, PS POUK Halim, PS GPIB Surya Kasih dan PS GPIB Tugu silih berganti melantunkan puji-pujian memuliakan nama-Nya.  [RM]

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *