Perayaan Natal dan Tahun Baru Pemprov DKI Jakarta Bersama Umat Kristen dan Katolik Menuai Sukses Besah Dihadiri Dua Belas Ribuan Jemaat

Ayo Bagikan:

Jakarta, majalahgaharu.com- Perayaan Natal bersama masyarakat beragama Kristen dan Katolik diselenggarakan di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mawar Saron, Jalan Kelapa Hybrida Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (10/1/20). Didukung aras gereja seperti PGPI, PGIW, PGLII, PBI, Gereja Masehi Advent, Keuskupan Agung Jakarta, Bala Keselamatan.

Perayaan natal dimulai pukul 17.00 tersebut mengusung tema “Hiduplah sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” sesuai tema yang ditetapkan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konfrensi Wali Gereja Indonesia (KWI)

Ketua pantia Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Pemprov DKI Jakarta Bersama Masyarakat Beragama Kristen dan Katolik, Ricki Marojahan Mulia yang seseharinya bekerja di dinas perindustrian dan energy propinsi Jakarta, saat diminta keterangan di depan wartawan mengatakan, kegiatan natal ini direncanakan mulai pertengahan bulan Oktober yang kemudian menetapkan tanggal 10 Januari, sekaligus menyambut tahun baru dengan target peserta sekitar 10.000 orang, namun terang Ricki ternyata jemaat yang hadir dalam perayaan natal saat ini ada kisaran dua belas ribuan orang, tentu hal ini sangat membanggakan.

Ricki menerangkan kegiatan natal gabungan ini sudah dirayakan ketiga kali di mulai tahun 2017, 2018 hingga 2019 ini. Memang awalnya hanya perayaan natal pimprov DKI saja tetapi kemudian ditambah natal pimprov DKI bersama masyarakat Kristen dan Katolik di Jakarta

Perayaan Natal bersama ini ada dasarnya dengan Keputusan Gubernur Nomor 1688 Tahun 2019 tentang Panitia Perayaan Natal Bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dengan Masyarakat Beragama Kristen dan Katolik di DKI Jakarta.

Berangkat dari keputusan Gubernur itulah, kemudian membentuk kepanitiaan, kemudian diimplementasikan bahwa pelaksanaan perayaan natal disepakati 10 Januari 2020 sekaligus untuk menyambut tahun baru. Terbentuknya panitia natal pimprov ini kemudian mengadakan pembicaraan dengan tujuh aras gereja yang ada di DKI, termasuk keuskupan agung Jakarta. Kemudian tempat pelaksanaan perayaan natal dipilih di GBI Mawar Saron dengan pertimbangan GBI Mawar Saron mampu menampung jemaat sesuai target 10.000 jemaat.

Mengenai tema Ricki sendiri merasakan sangat cocok dengan kondisi saat ini, karena dengan membangun persahabatan sekaligus kita bisa membangun kesetaraan sehingga bisa mencapai tujuan bersama.

Bicara makna natal adalah memperingati hari kelahiran juru selamat Yesus Kristus yang dipercayai oleh umat Kristen dan Katolik Yesus adalah juru selamat dan penebus dosa.

KelahiranNya bukti kasih Tuhan kepada umatnya, sehingga diharapkan bagi umat Kristen dan Katolik juga mampu mengasihi sesama, kasih kepada sesama itu sekaligus sebagai landasan untuk bersahabatan.

Tentang sambutan Gubernur Anies Baswedan, Ricki melihat bahwa Jakarta itu tempat di mana semua umat beragama bisa merayakan perayaan agamanya dengan bebas dan dibawah kepemimpinan pak Anies masyarakat Jakarta bebas merayakan hari rayanya.

“Sukses itu karena penyertaan Tuhan, parameter yang dipakai waktu rapat yang selalu mendoakan agar semua diberi kelancaran termasuk berdoa untuk cuaca agar cerah, terbukti saat ibadah mulai hingga selesai tidak hujan, hanya memang saat perayaan hujan turun tetapi setelah selesai semua hujanpun mulai reda”.terang Yusuf Agustian sekretaris PGPI DKI ketika dimintai tanggapan tentang suksesnya perayaan natal bersama ini.

Yusuf merasa bersyukur atas cuaca serta kehadiran jemaat sesuai dengan apa yang ditargetkan, pun pengisi acara memberikan penampilan yang terbaik sekaligus penyampai firman yang dibawakan Pdt. Dr Jacob Nahuway ketua umum PGPI Pusat, semuanya berjalan dengan lancar.

Perayaan natal bersama Pimprop DKI dan masyarakat DKI beragama Kristen dan Katolik yang paling membanggakan hadirnya ketujuh aras, anggota DPRD dan beberapa tokoh dan semua jajajaran pimprov DKI Jakarta termasuk gubernur Anies Baswedan.

Kebersamaan antara pimprov dan pimpinan aras yang sangat baik sehingga membuat acara perayaan natal ini berlangsung meriah dan sesuai dengan rencana.

Mengenai tempat perayaan natal bersama sekalipun di gerejanya ketua umum PGPI bukan berarti PGPI sebagai tuan rumah, tetapi pilihan di GBI Mawar Saron memang pihak panitia Pimprop yang memilihnya.

Dalam perayaan natal hadir Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta jajaran yang ketika hadir disambut dengan tarian ondel-ondel.

Anies dalam sambutannya merasakan kebahagiaan bersama-sama, dan merasa bersyukur kalau perayaan natal ini sudah diadakan tiga kali mulai tahun 2017 hingga 2019 ini. Sekalipun suasana hujan tetapi bisa sukacita bersama Hal ini membuktikan Jakarta tempat kita semua dengan perasaan yang sama satu demi satu kita iktiarkan tahap demi tahap kita rasakan agar semua masyarakat setara.

Anies juga bangga kalau yang lalu diadakan Chrismas Carrol dan ini pertama kali diadakan. Dengan demikian sebagai pimpinan daerah ingin juga membuat umat Kristen dan Katolik memiliki perasaan yang sama dalam menyambut hari rayanya. Situasi ini sekaligus menunjukan juga bahwa Jakarta membuat semua orang memiliki kesetaraan yang sama.

Sementara Pdt Jason Balompapueng dalam sambutan tertulisnya menegaskan bahwa natal bersama menunjukkan bahwa pemerintah Propinsi DKI Jakarta benar-benar menaruh perhatian terhadap perkembangan dan pembinaan umat Kristiani di DKI Jakarta. Tentu saja ini sangat berpengaruh positif terhadap kerukunan antar umat beragama. Sehingga kita diajak sungguh-sungguh menyadari bahwa sebagai warga DKI yang terdiri dari suku, etnis dan agama, kita bukan sekedar menjadi sahabat tetapi kita semua menjadi bersaudara dalam Tuhan dan kemanusiaan.

Jason sebagai ketua PGPI DKI mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur DKI Anies Baswedan yang telah memprakarsai dan memungkinkan acara natal bersama Pemprov DKI Jakarta dengan umat Kristen dan Katolik DKI Jakarta berlangsung berturut-turut selama tiga tahun ini, sebagai hamba Tuhan Jason mendoakan agar Tuhan senantiasa memberkati  Gubernur DKI Jakarta.

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *