Peringatan 75 Tahun Hari Bhayangkara, GAMKI Dukung Transformasi Polri Yang Presisi dan Pendekatan Restorative Justice

Ayo Bagikan:

Majalahgaharu-Jakarta Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) memberikan apresiasi dan dukungan kepada Kepolisian Republik Indonesia yang pada 1 Juli 2021 memperingati 75 Tahun Hari Bhayangkara atau Hari Kelahiran Polisi Indonesia.

Peringatan 75 Tahun Hari Bhayangkara pada 1 Juli 2021 ini mengambil tema: Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju.

“Pada 75 tahun usia yang sangat bersejarah ini, Polri dihadapkan tantangan besar, terutama bagaimana melakukan transformasi Polri yang Presisi dalam tugas berat mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju. DPP GAMKI siap mendukung sepenuhnya,” kata Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik, Kamis, 1 Juli 2021.

Pada kesempatan ini, Willem Wandik mengharapkan Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya dapat menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kepolisian.

“Tugas Jenderal Sigit dan jajaran Kepolisian sangat berat di masa pandemi ini. Berbagai persoalan seperti masih maraknya penyelundupan narkoba, kasus korupsi, persoalan Papua, dan berbagai situasi kamtibnas lainnya harus ditangani bersamaan dengan upaya percepatan program vaksin Covid-19 di seluruh daerah. Kami mendoakan dan mendukung beliau dan Kepolisian dapat selalu menjaga marwah institusi Kepolisian,” ungkap anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Papua ini.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat menyatakan bahwa GAMKI akan terus mengawal terlaksananya program-program Kepolisian.

“Kami akan mengawal pelaksanaan Presisi yakni Polri yang ‘prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan’ agar dapat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat. Hukum yang berkeadilan bagi semua, tidak tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas,” kata Sahat.

Sahat pun menyatakan dukungannya atas langkah Polri pada prinsip konsep ‘restorative justice’, sebagai suatu pendekatan yang lebih menitik-beratkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri.

Khusus pada percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju, DPP GAMKI menyambut baik upaya Kepolisian RI yang menjadikan kepolisian-kepolisian sektor sebagai sentra vaksinasi terdekat bagi masyarakat. Apalagi, dalam peringatan ke-75 tahun Hari Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta hari ini, Presiden Jokowi telah menyatakan langsung apresiasinya kepada Kepolisian RI.

“Presiden Jokowi menyampaikan sangat mengetahui betul sinergitas Polri dengan TNI, tenaga kesehatan, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam menangani pandemi dan meminta jajaran Polri untuk terus aktif mendukung kebijakan jajaran pemerintah dalam penanganan Covid-19. GAMKI mendukung penuh langkah percepatan penanganan Covid-19. Semoga kita bisa segera melalui dampak pandemi Covid-19. Dirgahayu Polri!” pungkas Sahat.

Facebook Comments Box
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *