Soleman R. Matippanna : Ada Banyak Peluang Bisnis yang Terbuka di 2019

Ayo Bagikan:

Jakarta, majalahgaharu.com – Sektor bisnis dan wirausaha ditengarai masih cukup bagus di tahun 2019. Usaha-usaha kreatif akan muncul. Semangat anak muda yang menggebu dan berapi-api menjadi tantangan bagi pebisnis lama supaya lebih mengembangkan diri. Bagi mereka yang enggan belajar dan menutup diri, tidak mau berkembang dapat dikalahkan oleh pebisnis muda yang lebih kreatif. Bisnis dan usaha penggerak ekonomi diprediksi akan berjalan stabil meski banyak juga yang menunggu hasil Pilpres 2019. Hal senada disampaikan oleh direktur utama PT Rande Buana Teknik Ir. Soleman Matippanna

Menurut Matippanna, bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2019 disebutnya cukup krusial, “Terutama jelang pilpres di bulan April nanti. Kita berharap tidak ada hal-hal yang cukup mengganggu pergerakan bisnis dan dunia usaha lainnya. Secara umum kita menginginkan berjalan baik, dan ekonomi stabil terkendali.” Menurut pria kelahiran Watampone Sulawesi Selatan ini, Peluang selalu tetap ada dalam situasi dan kondisi tertentu, tetapi secara global dapat diperkirakan tidak terlampau bermasalah. “ Utamanya bagi generasi muda yang baru memulai terjun di entrepreneur, ini peluang yang bagus dan menjanjikan, pasti ada banyak kesempatan baru yang terbuka di tahun 2019.”

Tak dipungkiri, Memasuki 2019 ini kita perlu lebih hati-hati dan cermat, terutama bila berganti pemerintahan. Kalaupun pemerintahan tidak berganti tentu situasi dan kondisinya akan lebih baik dan lebih bagus, akan lebih stabil. Masih menurut Matippanna, “Kita berharap apapun hasilnya (Pilpres) nanti, siapapun presiden terpilih sudah dapat mengantisipasinya dengan baik agar ekonomi Indonesia bisa tetap stabil dan terkendali.”

Diakuinya, ekonomi global memang memiliki impact langsung ataupun tidak langsung, ”Tetapi yakinlah negara dan bangsa kita sudah memiliki daya tahan yang lebih bagus dibanding negara-negara tetangga sekitar. Pelajaran 1998 membuktikan dimana kita bisa bertahan dalam goncangan politik dan ekonomi.”

“Saya yakin kedua calon yang akan bertarung di pilpres 2019 memiliki kelebihan-kelebihan sendiri dalam menstabilkan roda ekonomi. Presiden yang sekarang (Jokowi) kalau terpilih kembali tentu lebih baik, kalaupun berganti presiden pasti penggantinya (Prabowo) juga memiliki tim ekonomi tangguh. Jadi perlu kita perhatikanjuga dinamika politik karena tak bisa dipungkiri tentu akan berimbas pada pergerakan dan pengembangan ekonomi, meskipun fondasi ekonomi kita sdh cukup mampu menghadapi gejolak internal dan eksternal.”

Matippanna tak membantah bahwa sebagai pebisnis tentu situasi dan kondisi ekonomi dalam dinamika politik bisa saja memiliki impact tergerusnya daya beli daya tawar, tetapi profesionalisme yang ada pada dirinya untuk selalu melangkah dengan penuh optimis. Harapannya, para pelaku bisnis tidak terlalu banyak bermain dan berspekulasi di ranah politik agar ekonomi Indonesia dapat lebih tertata dan pergerakan bisnis dapat berjalan berkesinambungan.  [RA]

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *