PGIW DKI Jakarta Sudah Cukup Representatif untuk Kehidupan Bergereja dan Bermasyarakat

Ayo Bagikan:

Jakarta, majalahgaharu.com – Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) DKI Jakarta dalam rangka memeriahkan HUT ke 54 pagi tadi Sabtu (01/06) mengadakan beberapa rangkaian acara, antara lain Jalan Sehat, Tenis Meja, Cerdas Cermat Keluarga, Lomba Tobelo, Futsal dan bakti sosial.

Menurut Ketua PGIW DKI Jakarta Pdt. Manuel Raintung, aksi bakti sosial kali ini diadakan bagi warga sekitar rawamangun, Jakarta Timur. “Dan juga pada tanggal 18 Juni nanti kami akan melakukan kunjungan ke LP Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah.”

Lanjut Raintung, selain kegiatan olahraga dan bakti sosial, “Kami juga mengadakan kegiatan rutin konven pendeta di Gereja POUK Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pada Senin (27/5). Kegiatan ini bersamaan dengan HUT PGI ke 69 ini, mengusung tema Membangun Visi Bersama Gereja-Gereja Menghadapi Tuntutan dan Tantangan Jaman.” Dalam membangun kebersamaan PGIW DKI Jakarta juga menggelar seminar dan diskusi bekerja sama dengan pihak lain, termasuk dengan gereja-gereja dan organisasi antar agama.

Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) hadir 15 tahun setelah adanya PGI, “Dulu itu masih bernama DGI, Dewan gereja-gereja Indonesia.” PGIW DKI Jakarta yang kini dinakhodai Ketua Umum Pdt. Manuel Raintung (GPIB), dan Sekretaris Umum Pdt. Ferry Simanjuntak (GPSI) ini menyadari bahwa PGIW tidak seperti organisasi pada umumnya. “Kehadiran PGIW sangat berperan dalam memediasi dan melakukan fasilitasi gereja-gereja untuk ber-oikoumene.”

Raintung juga menyebutkan, “Peran PGIW DKI Jakarta selama ini dinilai cukup baik dalam membangun relasi dengan masyarakat, pemerintah dan antar organisasi lintas agama.” Artinya, PGIW DKI Jakarta sudah cukup representatif untuk kehidupan bergereja dan bermasyarakat. “Hal ini tentunya terkait dengan hubungan yang terbina dengan baik dalam bentuk kerja sama antar agama dan juga dengan pemerintah daerah.”

Facebook Comments
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *