August Hamonangan anggota DPRD DKI Fraksi PSI Gelar Sosperda No 4 tahun 2004

Ayo Bagikan:

Majalahgaharu-Jakarta Begitu pentingnya pendataan masyarakat, karena dengan data berbetuk dokumen pribadi misalnnya KTP, Akte, NIK dan Kartu Keluarga, Akte Perkawinan dll. Karena dengan pendataan yang di catatkan dalam pencatatan sipil maka akan mempermudah saat pemerintah memberikan bantuan seperti BLT, KIP dan pemberian vaksin terang August Hamonangan SE MH saat membuka sosialisasi peraturan daerah (Sosperda) No 4 tahun 2004 tentang Pelaporan dan pencatatan sipil.

Pelaksaan Sosperda yang menerapkan prokes ketat ini diadakan di Jalan Bengrah, Kampung Pule, RT 004 RW 10, Cijantung, Pasar Rebo Jakarta Timur.  Lebih lanjut August menjelaskan bahwa penting bagi masyarakat untuk mengurus semua dokumen sehingga akan mempermudah masyarakat dalam mengurus keperluannya seperti saat ini saat anak-anak mengikuti PPDB.

“Sekarang semua urusan sudah dipermudah, bahkan tak perlu biaya untuk itu masyarakat segera urus semua pencatatan sipil”, terang August mantab.

Dalam sosperda hadir Kasubdit pencatatan sipil, Camat, Sekel, dan juga beberapa narasumber yang menyampaikan sosialisasi Perda No 4 tahun 2004 tentang pelaporan dan dan catatan sipil.

Sist Bella yang mendapatkan kesempatan pertama menyampaikan pentingnya NIK, karena setiap warga sejak lahir sudah memiliki NIK yang berjumlah 16 anggka. Apalagi saat PPDB NIK menjadi penting, sehingga sangat menentukan anak diterima di sekolah.

Sedangkan Yusuf Mujiono yang mendapatkan kesempatan ke dua mensosialisasikan tentang pencatatan sipil dari sejak lahir, meninggal, kawin, perceraian serta mengesahkan anak, mengangkat anak dan juga bagaimana kalau ada kerusakan akte maupun KTP bisa dilaporkan dan mendapat ganti tanpa mengubah semua penomoran yang ada.

Sedangkan Imelda Purba memaparkan bagaimana posisi anak  lebih pada memperuangkan hak-hak anak ketika orang tuanya bermasalah. Masyarakat yang mengikuti sosperda beruntung karena kasubdit Catatan sipil secara gamblang memberikan penjelasan seperti sistem online artinya ketika mengurus KK maupun KTP bisa dilakukan secara online.

Sosperda yang dilaksanakan secara onsite ini mendapat respon positif waraga seperti ibu Rini yang mendapatakan penjelasan bagaimana proses perpindahan domisili ak perlu lagi meminta ke tempat asal, cukup dengan membuat surat keterengan asal yang mendapat persetujuan dari KK yang ditinggali, perpindahan akan diuruskan pemerintah  setempat. YM

Facebook Comments Box
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *