PEWARNA Gandeng FORMAG AdakanPelatihan Penulisan  Dasar Jurnalistik

Ayo Bagikan:

Jakarta majalahgaharu Era tehnologi digital membutuhkan orang yang siap setidaknya dalam menuliskan di statusnya, agar terhidar dari pelanggaran bermedsos. Disisi lainya banyaknya kegiatan baik gerejawi maupun diskusi maupun seminar yang diadakan berbagai komunitas termasuk Forum Musyawarah Antar Gereja (FORMAG)  itu sendiri membutuhkan publikasi, terhadap apa yang dihasilkan dalam kegiatan tersebut.  Namun keterbatasan anggota dalam membuat laporan secara jurnalistik itulah sehingga kegiatan -kegiatan tersebut tidak terpublikasi.

Dalam rangka membekali anggotanya untuk bisa menuliskan kegiatan tersebut dua hari berturut-turut tepatnya Senin 30-31 Agustus 2021 Formag bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA) mengadakan pelatihan dasar-dasar jurnalistik secara online (Zoom).

Acara pelatihan dibuka oleh Ketua Umum PEWARNA Yusuf Mujiono serta sambutan Pnt Benyamin Obadiyah Ketua FORMAG .Yusuf sangat menyambut baik atas kerja sama  adanya pelatihan jurnalistik bagi anggota FORMAG. Diharapkan dengan pelatihan ini semakin banyak yang memiliki minat untuk membuat berita, sehingga memperkaya berita di media-media yang jurnalisnya bergabung di Pewarna.

Disisi lain Yusuf menekankan  dengan pelatihan ini, setidaknya mereka yang sudah mengikuti pelatihan agar ketika menuliskan di status media sosialnya lebih berhati-hati dan menggunakan kaidah-kaidah yang sudah didapatkan selama latihan.

Senada dengan Yusuf Pnt Benyamin juga berharap bagi anggota FORMAG yang sudah dilatih akan mampu membuat berita kegiatan-kegiatan yang diadakan FORMAG maupun gerejanya masing-masing.

Pelatihan dasar jurnalistik pemateri disampaikan Prambudi (staf editor beritabethel.com), media BPH GBI (Sinode GBI).

Peserta berasal dari sekitaran DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan.

Selama dua kali pertemuan Prambudi lebih menfokuskan membuat laporan tentang liputan gereja dengan tetap menitikberatkan penulisan dengan 5W dan 1H dengan tehnik-tehnik dasarnya yang mudah di ingat dan dilaksanakan. Setelah mendapatkan teori peserta pada hari kedua menyodorkan hasil tulisannya

Selain Prambudi hadir mendampingi pelatihan antaranya Ashiong Munthe Koordinator Litbang Pewarna, Sugiyanto, Hojot Marlungga dan Ronald Onibala Sekjen PEWARNA dan Thony Ermando sekretaris I PP Pewarna. (YSF).

Facebook Comments Box
Ayo Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *